Inilah Perbedaan Pupuk Urea dan NPK

ASPIRASIRAKYAT.COM - Pupuk merupakan hal penting ketika ingin menanam atau membudidayakan suatu tanaman. Tanpa pupuk tanaman tidak akan tumbuh dengan maksimal. Pupuk mempunyai fungsi yaitu sebagai salah satu sumber zat garam buatan yang sangat diperlukan untuk mengatasi kekurangan nutrisi terutama unsur-unsur nitrogen, fosfor dan kalium.

Hal inilah yang menjadi tanaman tumbuh secara subur dan lebih sehat. Ada berbagai macam jenis pupuk yang tersebar luas salah satunya adalah pupuk urea dan NPK.

Kedua jenis pupuk ini mempunyai perbedaan signifikan walaupun sama-sama berbahan dasar kimia. Untuk itu perhatikan ulasan berikut mengenai perbedaan urea dan NPK.

1. Pupuk Urea
Pupuk urea hanya mengandung nitrogen (N) berkadar tinggi sekitar 46%.

Pupuk urea berbentuk butir-butir kristal berwarna putih yang mempunyai rumus kimia NH2CONH2.

Unsur nitrogen yang terkandung didala pupuk urea sangat dibutuhkan oleh tanaman.

Pupuk urea dapat menjadi pilihan tepat jika digunakan pada fase perkembangan, karena pada fase inilah tanaman membutuhkan lebih banyak asupan nitrogen untuk pertumbuhannya.

Bedakan Pupuk Urea dan NPK

2. Pupuk NPK
Sedangkan pada pupuk NPK tidak hanya mengandung nitrogen (N) tetapi juga mengandung kalium (K) dan juga fosfor (P).

Pupuk jenis ini merupakan pupuk yang paling serig digunakan dan termasuk kedalam salah satu pupuk majemuk. 
 
NPK mempunyai peran yaitu sebagai perangsangan pertumbuhan vegetatif pada daun ataupun batang tanaman.

Unsur fosfor berguna untuk memacu terbentuknya bunga serta menurunkan aborsitas dan menunjang perkembangan akar rambut dan akar yang halus. 

Kalium berperan sebagai activator berbagai jenis enzim yang dapat membantu tanaman tumbuh lebih kokoh dan merangsang pertumbuhan akar. Selain itu juga dapat membantu tanaman tahan terhadap penyakit dan hama. 

NPK dianjurkan untuk tanaman yang membutuhkan banyak asupan nutrisi.
Pada fase perkembangbiakan NPK sangat cocok untuk digunakan karena fosfor dan kalium akan menguatkan bunga dan buah sehingga tidak mudah rontok ataupun layu.

Penjelasan tersebut merupakan perbedaan mendasar dari pupuk urea dan juga NPK. Walaupun keduanya memiliki kandungan yang berbeda namun kedua pupuk tersebut memiliki kegunaannya masing-masing dan sangat baik untuk kebutuhan dan perkembangan tanaman yang sedang ataupun yang akan Anda tanam.

Jika Anda sudah mengetahui perbedaan antara kedua pupuk tersebut kini giliran Anda untuk memilih akan menggunakan pupuk mana yang akan Anda berikan kepada tanaman Anda.

Salah satu dari kedua pupuk tersebut tidak bisa untuk dijadikan lebih baik karena manfaat dan kegunaan kedua pupuk tersebut mempunyai porsi yang berbeda dan tidak dapat disamakan. Jika Anda ingin melakukan proses pemupukan untuk menunjang kebutuhan yang diperlukan tanaman ada baiknya jika Anda memilih pupuk mana yang cocok untuk jenis tanaman tersebut. 

Semoga artikel aspirasirakyat.com memberikan pemahaman bagi Anda sehingga dalam memilih pupuk mana yang akan membantu pertumbuhan tanaman Anda.
Selamat mencoba.
Berbagi Aspirasi : Anda ingin berbagi aspirasi tentang permasalahan sekitar? Ingin memberi inspirasi? Kirim aspirasi anda melalui tulisan disertai foto ke email : aspirasirakyat77@gmail.com atau hubungi kontak kami, Mulailah bersuara bersama AspirasiRakyat.com, peka realita menuju perubahan.
Bagaimana Tanggapan Kamu?