Cara Memilih Pupuk yang Baik dan Benar

ASPIRASIRAKYAT.COM - Pupuk ialah hal penting untuk menanam tanaman mengandung satu atau lebih unsur hara bagi tanaman sehingga dapat berproduksi secara baik. Ada berbagai macam jenis pupuk yang digunakan para petani salah satunya adalah pupuk organik. Pupuk organik lebih diminati dipasaran karena tidak memberikan dampak negatif pada tanaman dan pembuatannya yang sangat sederhana. Pupuk organik merupakan pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa-sisa tanaman, hewan dan manusia.

Pupuk organik mengandung banyak bahan organik daripada unsur haranya. Pupuk ini memiliki dua macam bentuk yaitu padat dan cair yang digunakan untuk memperbaiki sifat kimia, biologi, fisik tanah. Para petani lebih menyukai pupuk organik karena pupuk ini meningkatkan hasil, kualitas serta mutu panen. Selain itu pupuk organik juga sangat bermanfaat untuk memperbaiki kualitas dari tanah sebagai lahan pertanian. Oleh karena itu pupuk organik menjadi primadona masyarakat Indonesia.

Pupuk organik juga dapat menjaga kelembaban tanah dan mengurangi tekanan pada akar-akar tanaman. Selain itu pupuk ini juga mengembalikan kesuburan tanah yang hilang akibat penggunaan pupuk kimia. Tamanan yang menggunakan pupuk organik akan lebih menyehatkan karena kandungan nutrisinya lebih banyak dan lengkah serta yang terpenting adalah tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi tanaman itu sendiri.

Pupuk organik cair paling sering digunakan oleh para petani. Pupuk yang cair saat diaplikasikan dan langsung memberikan nutrisi bagi daun, batang atau akar. Banyak pupuk organik yang dijual secara bebas di pasaran namun Anda harus tetap waspada dan tidak boleh salah dalam memilih. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih pupuk yang baik dan benar.
Cara Memilih Pupuk yang Baik dan Benar

Pilihlah Pupuk yang Berkualitas dan Benar

1. Berkualitas Tinggi
Anda harus memperhatikan kualitas pupuk tersebut sebelum membelinya. Pilihnya pupuk yang berkualitas tinggi atau bermutu untuk meningkatkan produksi pada nantinya. Pastikan untuk membeli pupuk yang berkualitas tinggi, di pasaran banyak pupuk dengan harga yang terjangkau namun tetap memiliki kualitas yang tinggi. Untuk itu semua tergantung pada Anda saat memilih pupuk mana yang memiliki kualitas tinggi agar tidak mengecewakan pada akhirnya.

2. Memahami Pupuk
Ketika memutuskan untuk membeli pupuk maka Anda harus bertanya kepada pemilik toko atau petugas untuk menanyakan beberapa hal penting tentang pupuk tersebut. Hal yang harus tanyakan ialah kegunaan dan manfaat pupuk tersebut, namun ada baikya jika Anda dapat memahami komposisi pada pupuk tersebut.

3. Pupuk Terpercaya
Selain memilih pupuk berkualitas tinggi, Anda juga harus lebih teliti dalam melihat kemasan pada pupuk tersebut apakah sudah mempunyai sertifikat dari Deptan dan teruji secara klinis. Legalitas ini sangat penting karena jika sudah memiliki ijin sudah pasti pupuk tersebut telah lolos dari pengujian oleh para ahli terpercaya.

Itulah beberapa tips untuk memilih pupuk secara baik dan benar dari aspirasirakyat.com. Jika sudah mendapatkan pupuk yang diinginkan yaitu pupuk berkulitas tinggi yang sudah lulus dari pengujian secara klinis maka Anda sudah tepat dalam memilih pupuk.

Selanjutnya hanya tinggal mengaplikasinya saja dan menunggu hasil tanam yang memuaskan pada akhirnya. Selamat mencoba.
Berbagi Aspirasi : Anda ingin berbagi aspirasi tentang permasalahan sekitar? Ingin memberi inspirasi? Kirim aspirasi anda melalui tulisan disertai foto ke email : aspirasirakyat77@gmail.com atau hubungi kontak kami, Mulailah bersuara bersama AspirasiRakyat.com, peka realita menuju perubahan.
Bagaimana Tanggapan Kamu?