Cara Menerapkan Peraturan di Rumah Bersama Anak

ASPIRASIRAKYAT.COM - Dalam keluarga, tentu ada aturan yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga. Aturan dibuat agar semua angota keluarga disiplin dan bertanggungjawab atas dirinya sendiri. Pembuatan aturan juga menjadi bagian dari cara mendidik anak. Aturan tidaklah masalah untuk orang dewasa, namun bagaimana dengan anak? Dapatkah mereka mematuhi dan menerapkannya? Tentu hal ini harus menjadi perhatian orangtua. Mereka harus memberi penjelasan dan arahan pada anak agar mereka mau menerapkan aturan yang sudah ada.

Sebagai orangtua juga harus mampu membuat anak patuh pada aturan. Sebaiknya hal ini dibiasakan sejak anak masih berada di usia dini agar aturan yang ada akan menjadi kebiasaan anak dan membentuk karakter anak di masa yang akan datang. Lalu bagaimana cara membuat anak mampu menerapkan aturan yang berlaku di dalam rumah? Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan.

Tips Terapkan Aturan di Rumah Bersama Anak

1. Sepakati Bersama
Dalam hal membuat aturan di rumah, sebaiknya semua anggota keluarga dilibatkan termasuk anak. Anak perlu diajak berdiskusi dalam menentukan atau membuat peraturan agar mereka merasa dihargai. Peraturan yang dibuat dimulai dari hal sederhana seperti waktu tidur, waktu makan, waktu nonton TV, dan lain-lain.

2. Tentukan Konsekuensi
Setelah menentukan aturan, Anda perlu menentukan konsekuensi yang akan diberikan jika peraturan dilanggar. Tentunya konsekuensi ini berlaku untuk seluruh anggota keluarga. Berikan hukuman ringan pada setiap pelanggaran, namun jangan sampai hukuman tersebut melukai fisik anak dan anggota keluarga lainnya. Berikan hukuman yang edukatif contohnya seperti membatasi nonton TV, menmatasi waktu bermain, dan lain-lain.

Baca: Tips Menghadapi Anak yang Kecanduan Game

3. Berikan Penjelasan
Berikan penjelasan secara mendetail kepada anak seluruh peraturan yang ada dan mengapa hal tersebut tidak boleh dilakukan agar anak benar-benar memahami peraturan yang telah dibuat.

4. Konsisten Selalu
Aturan yang telah dibuat harus diterapkan secara konsisten agar agar anak tidak menganggap remeh aturan yang ada. Konsekuensi juga harus tetap berlaku pada setiap anggota keluarga yang melanggarnya. Jika perlu, Anda dapat menempelkan aturan yang dibuat tertulis pada tempat yang sering dilihat misalnya, di pintu kamar atau di pintu kulkas.

Baca juga: Stop!!! Hindari 5 Perkataan Ini Saat Mendidik Anak

5. Berikan Reward
Selain memberikan konsekuensi untuk setiap pelanggaran, Anda perlu memberikan reward atau hadiah ketika anak dapat menerapkan peraturan dengan baik. Hadiah tidak melulu diberikan berupa barang atau materi, namun dapat berupa pujian yang akan membuatnya semakin termotivasi untuk terus mematuhi peraturan yang ada.

6. Jadilah Role Model
Seorang anak akan cenderung mengikuti perilaku atau apapun hal yang dilakukan oleh orang sekitarnya. Untuk itu, dalam menerapkan peraturan, orangtua juga perlu memberikan contoh agar anak mengikutinya. Hal ini juga perlu dilakukan secara terus-menerus agar anak mengingatnya. Orangtua juga harus mendapatkan hukuman jika tidak mematuhi aturan yang ada agar anak merasa bahwa peraturan yang dibuat dan konsekuensinya telah berlaku secara adi, bukan hanya untuk anak saja.

Lihat juga: 10 Tips Mengajarkan Sopan Santun Pada Anak

Seperti ini pembahasan aspirasirakyat.com terkait Cara Menerapkan Peraturan di Rumah Bersama Anak. Semoga artikel ini anak Anda disiplin dan bertanggung jawab. 
Berbagi Aspirasi : Anda ingin berbagi aspirasi tentang permasalahan sekitar? Ingin memberi inspirasi? Kirim aspirasi anda melalui tulisan disertai foto ke email : aspirasirakyat77@gmail.com atau hubungi kontak kami, Mulailah bersuara bersama AspirasiRakyat.com, peka realita menuju perubahan.
Bagaimana Tanggapan Kamu?