Khasiat Daun Sirsak dan Cara Kegunaannya

ASPIRASIRAKYAT.COM - Buah sirsak atau buah bernama latin Annona muricat L ini mempunyai rasa asam namun tetap saja lezat untuk dimakan. Selain buah ini bisa dimakan langsung saat sudah matang ini juga dapat dijadikan sebagai bahan utama pembuatan jus sirsak karena rasanya yang asam akan menciptakan kesegaran tersendiri saat meminumnya. Apalagi jika minum pas saat siang hari dimana kondisi cuaca panas. Selain buah yang dapat dimakan, daun sirsak juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat dari Daun Sirsak Untuk Kesehatan

1. Kanker
Daun sirsak sangat berguna untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah untuk mengobati penyakit berbahaya seperti kanker. Teori ini sudah berhasil dibuktikan dengan adanya penelitian tentang daun sirsak ini. Oleh karena itu daun sirsak menjadi sangat terkenal di Indonesia bahkan di luar negeri. Daun sirsak dapat menghambat sel kanker serta menyembuhkan kanker lebih efektif dan cepat daripada kemoterapi. Jika menggunakan kemoterapi, sang pasien akan merasakan beberapa efek samping yang ditimbulkan dan juga mahalnya biaya yang dikeluarkan.

Hal ini berbanding terbalik dengan daun sirsak yang tidak menimbulkan efek samping karena pengobatan dengan cara seperti ini termasuk pengobatan tradisional. Cukup dengan merebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air sampai air itu menyusut tinggal sedikit atau 1 gelas. Minumlah air rebusan daun sirsak ini setiap pagi selama 3 hingga 4 minggu untuk melihat hasil yang didapatkan. Cara ini sudah digunakan selama 40 tahun dan terbukti ampuh karena daun sirsak memiliki bahan aktif yang 10.000 kali lebih kuat dibanding kemoterapi untuk melawan sel-sel kanker.

2. Diabetes
Selain itu daun sirsak juga sangat bermanfaat untuk penderita diabetes. Nutrisi yang terkandung didalam daun sirsak dipercaya dapat menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Maka dari itu, daun sirsak ini menjadi solusi bagi para penderita diabetes untuk menormalkan kembali kadar gula daranya. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan merebus 2 hingga 5 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air lalu masak hingga mendidih dan menyusut airnya hingga sekitar 1 gelasan saja.

Lalu minumlah air rebusan tersebut secara rutin pada pagi dan malam hari dalam 4 hari. Setelah itu periksalah kadar gula dan rasakan apa perbedaannya. 

3. Asam Urat
Daun sirsak juga sangat baik untuk orang yang menderita asam urat karena daun sirsak merupakan obat alami untuk mengobati penyakit asam urat. Rebus 6 sampai 10 lembar daun sirsak yang sudah tua namun masih hijau dengan 2 gelas air. Masak hingga airnya menyusut sampai sekitar 1 gelas dan minum secara teratue pada pagi dan sore hari untuk mencapai hasil yang optimal.

4. Eksim Kulit
Manfaat lain dari daun sirsak ini adalah untuk mengobati eksim pada kulit. Berbeda dengan cara sebelumnya jika Anda ingin menggunakan daun sirsak ini untuk mengobati eksim maka tumbuklah daun sirsak lalu jadikanlah sebagai masker dengan mengoleskannya pada daerah yang terkena eksim selama dua hari secara teratur. Daun sirsak juga dapat mengurangi rasa sakit yang diderita. Selain itu daun sirsak juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutu pada rambut. Cukup dengan merebus dau sirsak selama 20 menit lalu gunakan air rebusannya untuk keramas.

Banyak bukan manfaat dari daun sirsak? Untuk itu tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati penyakit yang Anda derita karena bahan alami merupakan bahan terbaik untuk tubuh.
Berbagi Aspirasi : Anda ingin berbagi aspirasi tentang permasalahan sekitar? Ingin memberi inspirasi? Kirim aspirasi anda melalui tulisan disertai foto ke email : aspirasirakyat77@gmail.com atau hubungi kontak kami, Mulailah bersuara bersama AspirasiRakyat.com, peka realita menuju perubahan.
Bagaimana Tanggapan Kamu?