Luar Biasa, Uang Panai Tertinggi Sulsel Diraih Kabupaten Pinrang Senilai Rp 599 Juta

Ilustrasi
ASPIRASIRAKYAT.COM - Setelah dihebohkan Haji Nasir yang peristri gadis 18 tahun bernama Milawati dengan jarak umur 43 tahun.

Kini kembali dihebohkan di Media Sosial dan menjadi perbincangan hangat di warung kopi dengan uang panai tertinggi di Sulawesi Selatan.

Sebelumnya peraih uang panai tertinggi di Sulsel dari pasangan Adam Masse-Indar Desrianti diraih Kabupaten Bulukumba, sejak kamis (6/8/2015) dengan uang panaik Rp 505 juta.

Namun, pasangan Jaya Baramuli-Andi Rahmaniar Idrus mencetak rekor dengan uang panai yang lebih tertinggi di Sulawesi Selatan.

Dalam tradisi bugis yang terdapat "uang panai" dengan maksud untuk diberikan kepada pihak mempelai wanita. Terkait jumlah banyaknya tergantung kesepakatan dari kedua belah pihak.

Rekor ini ditorehkan dalam pernikahan keluarga besar Jaya Baramuli yang mempersunting Andi Rahmaniar Idrus, di pesta pernikahannya, Senin, (18/7/2016), Halaman Masjid Agung Al-Munawir, Kabupaten Pinrang.

Kakak mempelai laki laki, Abdy Baramuli yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut, Menurutnya, uang panai yang sebesar Rp 599 juta itu memiliki arti dan makna tersendiri yang diambil dari angka 5 dan 99.

"Angka lima merupakan tanggal kelahiran orang tua kami, dan 99 diambil dari nama nama Allah (Asmaul Husnah). Untuk Maharnya,seperangkat alat shalat dan satu stel emas dan berlian," jelasnya.

Selain itu lanjut Abdy, untuk hadiah perkawinan mereka, pasangan pengantin baru itu mendapatkan satu unit kendaraan roda empat.

"Tapi itu hadiah dari orang tua untuk mempelai. adapun akad nikah hingga resepsinya, semuanya dilaksanakan di Masjid Agung Al-Munawir Pinrang," ujarnya.(*)
Berbagi Aspirasi : Anda ingin berbagi aspirasi tentang permasalahan sekitar? Ingin memberi inspirasi? Kirim aspirasi anda melalui tulisan disertai foto ke email : aspirasirakyat77@gmail.com atau hubungi kontak kami, Mulailah bersuara bersama AspirasiRakyat.com, peka realita menuju perubahan.
Bagaimana Tanggapan Kamu?