Selain Melancarkan Haid, Berikut 8 Manfaat Lain Daun Sirih

AspirasiRakyat.Com - Indonesia sangat kaya akan tanaman herbalnya. Banyak jenis tanaman herbal yang bisa dijadikan obat untuk segala macam penyakit salah satunya adalah daun sirih. Siapa yang tidak mengenl daun berwarna hijau berbentuk seperti hati ini. Di Indonesia daun sirih tumbuh hampir diseluruh penjuru tempat. Daun yang cantik ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Biasanya obat jaman dulu sering melakukan tradisi nyirih dengan menggunakan tanaman merambat ini.
Selain Melancarkan Haid, Berikut 8 Manfaat Lain Daun Sirih

Inilah Khasiat Dari Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

1. Memperkuat Gigi
Ketika daun sirih dikunyah bersama kapur dan pinang inilah yang disebut nyirih. Kegiatan menyirih ini selalu dilakukan orang-orang jaman dulu untuk memperkuat gigi.

2. Menghilangkan Bau Mulut
Selain itu juga untuk menghilangkan bau tidak sedap pada mulut. Daun sirih memiliki sifat anti-septik hal itulah yang membuatnya dapat menghilangkan bau akibat kuman ataupun bakteri. Rebuslah 3 – 4 lembar daun sirih hingga mendidih, lalu tunggu beberapa saat sampai air rebusan menjadi tidak panas. Setelah itu bisa Anda gunakan untuk berkumur, lakukanlah setelah makan dan setelah gosok gigi. Maka bau tak sedap akan meghilang dan juga akan membersihkan rongga mulut dari kuman.

3. Sariawan
Jika Anda terserang sariawan, Anda juga dapat menyembuhkannya melalui daun asli Indonesia ini. Caranya dengan merebus daun sirih hingga layu kemudian tumbuk halus setelah itu tempelkan atau oleskan pada bibir atau lidah yang terserng sariawan. Lakukan cara ini sampai sariawan membaik dan sembuh.

4. Jerawat
Selain itu, daun sirih juga dapat menyembuhkan jerawat pada wajah. Jerawat pada wajah sangat mengganggu penampilan dan menyebabkan rasa sakit. Siapkan daun sirih lalu tumbuh hingga halus, seduh dengan air panas dalam satu gelas, aduk hingga rata. Tunggu beberapa saat sampai air menjadi hangat setelah itu dapat Anda gunakan untuk membasuh muka. Lakukan cara ini dua kali sehari sampai jerawat mengecil dan menghilang.

5. Asma
Manfaat lain dari daun sirih adalah untuk menyembuhkan asma. Asma merupakan penyakit yang sangat teramat merepotkan karena membuat nafas menjadi sesak atau nafas tersenggal-senggal serta sulit untuk melakukan kegiatan berat dalam jangka waktu yang lama. Untuk menyembuhkan penyakit asma, Anda cukup merebus 4 – 5 lembar daun sirih hingga mendidih atau sampai air menyusut menjadi sedikit. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin tiga kali dalam sehari dan rasakan apa perbedaannya.

6. Melancarkan Haid
Daun sirih ternyata juga dapat melancarkan haid atau datang bulan seorang wanita. Kebanyakan wanita mengalami masalah saat datang bulan, semua masalah itu bisa Anda atasi dengan meminum air rebusan daun sirih selama masa datang bulan atau haid. Maka datang bulan Anda menjadi lancar dan tidak menyebabkan rasa nyeri.

7. Keputihan
Bahkan sebelum datangnya haid, para wanita sering dihinggapi keputihan. Keputihan bukannya suatu penyakit, biasanya keputihan berbentuk bening atau encer yang muncul saat menjelang datang bulan. Keputihan seperti ini tidak gatal ataupun berbau. Keputihan dapat diatasi dengan menggunakan daun sirih. Rebuslah daun sirih hingga mendidih lalu angkat dan diamkan sampai panasnya berkurang. Kemudian air rebusan tersebut bisa Anda gunakan untu membersihkan daerah kewanitaan secara berkala.

8. Mengharumkan Daerah Kewanitaan
Selain mengatasi keputihan, air rebusan daun sirih tersebut juga dapat mengharumkan daerah kewanitaan Anda.

Cukup banyak bukan kegunaan daun sirih tersebut. Semoga ulasan aspirasirakyat.com dapat menambah informasi dan juga pengetahuan Anda tentang tanaman herbal. (*)

Muchlis
Berbagi Aspirasi : Anda ingin berbagi aspirasi tentang permasalahan sekitar? Ingin memberi inspirasi? Kirim aspirasi anda melalui tulisan disertai foto ke email : aspirasirakyat77@gmail.com atau hubungi kontak kami, Mulailah bersuara bersama AspirasiRakyat.com, peka realita menuju perubahan.
Bagaimana Tanggapan Kamu?