Titik Nol Indonesia di Desa Umpungeng Soppeng, Benarkah?

Titik Nol Indonesia di Desa Umpungeng Soppeng, Benarkah?
TaTitik Nol  Indonesia (Centre Point of Indonesia)
AspirasiRakyat.Com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo beberapa waktu lalu mengklaim, Makassar sebagai poros tengah Indonesia. Atas dasar itu pula, sebuah delta di Pantai Losari dinamai Centre Point of Indonesia.

Kelak, kawasan itu akan menjadi salah satu ikon baru di Makassar. Akan didirikan bangunan-bangunan megah, perumahan, hotel, masjid megah, serta tak lupa Wisma Negara yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Sulsel.

Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya Centre Point of Indonesia yang sebenarnya ada di Dusun Umpungeng, sebuah dusun terpencil di Kabupaten Soppeng, kurang lebih 192 km dari Kota Makassar, seperti yang dilansir Tribun Timur.

Dusun Umpungeng merupakan bagian dari wilayah Pemerintahan Desa Umpungeng, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.
Titik Nol Indonesia di Desa Umpungeng Soppeng, Benarkah?
Google Map
Dusun ini terletak di deretan bukit menyerupai tubuh manusia yang sedang terbujur ke barat, deretan bukit tengah yang merupakan lokasi Umpungeng terlihat menyerupai pusar manusia.

Umpungeng berada pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut dan merupakan wilayah paling barat Pemerintahan Kabupaten Soppeng. Umpungeng berbatasan dengan Kabupaten Barru sebelah barat dan Kabupaten Bone di sebelah selatan. (*)

Muchlis
Berbagi Aspirasi : Anda ingin berbagi aspirasi tentang permasalahan sekitar? Ingin memberi inspirasi? Kirim aspirasi anda melalui tulisan disertai foto ke email : aspirasirakyat77@gmail.com atau hubungi kontak kami, Mulailah bersuara bersama AspirasiRakyat.com, peka realita menuju perubahan.
Bagaimana Tanggapan Kamu?