Dialog Kebangsaan: "Pemuda dan Pesantren Sebagai Garda Terdepan Menjaga NKRI"

Dialog Kebangsaan: "Pemuda dan Pesantren Sebagai Garda Terdepan Menjaga NKRI"
Dialog Kebangsaan: "Pemuda dan Pesantren Sebagai Garda Terdepan Menjaga NKRI".
AspirasiRakyat.Com, MAKASSAR - Sekretaris Gerakan Pemuda Ansor Kota Makassar, Ahmad Ahsanul Fadhil menegaskan, Pesantren adalah satu instrumen mencegah radikalisme di Indonesia.

"Pesantren merupakan Lembaga yang sangat strategis untuk menebar ajaran Islam rahmatan lil-aalamin, mencegah munculnya paham radikal yang meronrong kedaulatan NKRI. Selain itu, Pesantren harus menjadi Garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI," ungkap Ahsan dalam Dialog Kebangsaan yang diselenggarakan di Jl Cendrawasih, Makassar, Minggu (30/10). Kegiatan tersebut digelar PMII STIE Tri Dharma Nusantara Cabang Makassar bekerjasama IKA-MDIA Bontoala Makassar.

Senada dengan Ahsan, Sekretaris KNPI Kota Makassar, Irwan Ade Saputra menyampaikan hal serupa bahwa Posisi Santri sebagai Bagian dari Pemuda.

"Hal itu, Sangat strategis untuk melakukan gerakan mengawal keutuhan NKRI, dengan pemahaman Keagamaan yang dimiliki oleh santri maka diharapkan mampu memberikan pencerahan terhadap pemuda yang tidak mengenyam pendidikan di Pesantren hingga paham bahwa Agama dan NKRI bukan hal yang harus dipertentangkan," kata Ade.

Sementara itu, Pendiri Sekolah Kebangsaan, Arqam Azikin yang juga hadir mengharapkan Pemuda dan Pesantren berbagi peran namun tetap saling mensupport dalam menjaga NKRI.

"Sejarah Pemuda dan Pesantren adalah sejarah yang tak terpisahkan dari Sejarah Bangsa. Keduanya memiliki peran penting dalam memerdekakan Indonesia," tuturnya.

"Saya berani mengatakan andai bukan Kyai Ahmad Dahlan dan Kyai Hasyim Asy'ari yang keduanya Tokoh Pesantren maka tidak akan lahir gerakan yang mampu memerdekakan Indonesia, berkolaborasi dengan Tokoh Nasionalis, Wahidin Sudirohusodo, keduanya mampu mengkonsolidasikan gerakan mempertahankan NKRI dan melahirkan tokoh-tokoh bangsa seperti Muhammad Yamin Cs yang melahirkan Sumpah Pemuda," tegas Arqam. (*)

Penulis: Awaluddin
Editor: Andi Wahyu Kusuma
Berbagi Aspirasi : Anda ingin berbagi aspirasi tentang permasalahan sekitar? Ingin memberi inspirasi? Kirim aspirasi anda melalui tulisan disertai foto ke email : aspirasirakyat77@gmail.com atau hubungi kontak kami, Mulailah bersuara bersama AspirasiRakyat.com, peka realita menuju perubahan.
Bagaimana Tanggapan Kamu?