Ngeri..! 3 Fakta ini dijamin Bikin Kamu Tak Lagi Berani Menahan Kencing

ASPIRASIRAKYAT.COM - Kami tentunya sangat tahu rasanya, bagaimana harus menghentakkan kaki berulang-ulang ke lantai saat antrian di depan WC. Yah, saat sudah kebelet kalian pastinya sangat berhati-hati bergerak agar kencing yang sudah tidak tertahankan menjadi tidak terkontrol dan akhirnya anda harus KCL atau kencing di celana.

Walaupun beberapa orang bisa menahan kencing dalam waktu lama, namun adapula yang tidak bisa bertahan jika dalam 3 hingga 7 jam tidak ke kamar mandi untuk menuntaskan panggilan alam tersebut. Bahkan banyak yang menyebut-nyebut jika menahan kencing dalam jangka waktu yang lama maka akan membuat kantung kemih pecah dan kalian bisa mati tiba-tiba. Benarkah?

Berikut fakta yang terjadi jika anda menahan kencing.

1. Saat menahan kencing, Kantung kemih tidak akan pecah

Dalam tubuh manusia terdapat kandung kemih yang bertugas menampung urin. Dinding kandung kemih inilah yang merupakan reseptor saat kandung kemih penuh ke otak agar memberikan sinyal ke otak agar segera ke kamar mandi untuk mengeluarkan urine anda. Saat anda menahan kencing banyak yang mengatakan bahwa kandung kemih beresiko pecah, padahal sebenarnya kandung kemih tidak akan pecah, sebab ia sangatlah elastis sehingga saat menamoung urine bisa meregang dan juga mengempis. Namun konsekuensi yang terjadi jika menahan kencing begitu lama, dan kandung kemih sudah meregang dengan besar maka terkadang air seni sudah tidak bisa dikontrol dan keluar dengan sendirinya.

2. Menahan Kencing berarti menyebarkan bakteri ke seluruh tubuh

Jangan menganggap remeh aktifitas kencing. Sebab ia adalah proses alami tubuh yang bertugas untuk mengeluarkan sisa metabolisme melalui air. Urine terdiri dari bahan terlarut berupa sisa metabolisme di tubuh seperti urea, garam terlarut dan bahan organik lainnya yang tidak diperlukan oleh tubuh. Artinya jika anda menahan kencing dan tidak mengeluarkannya segera, maka bakteri-bakteri yang sebenarnya dikeluarkan namun tertahan akhirnya dapat menyebar kebagian organ lain. Hal ini dapat memicu penyakit sepsis, yaitu timbulnya bakteri yang menyebar melalui peredaran darah sehingga bisa menyebar ke seluruh bagian tubuh dan menyebabkan penyakit serius. Selain itu yang paling sering ditemui adalah ISK atau infeksi saluran kencing. Tanda-tanda dan gejala apabila terjadi infeksi saluran kemih memiliki gejala tertentu yaitu terjadinya nyeri di sekitar perut bagian bawah, serta muncul rasa perih saat buang air kecil, dan frekuensi buang air kecil juga menjadi lebih sering namun dengan volume urin yang dikeluarkan lebih sedikit.

3. Menahan kencing dalam jangka panjang akan membahayakan ginjal.

Bukan hanya infkesi saluran kenicng namun dalam jangka lama meahan kenicng akan sangat berdampak buruk pada kesehatan ginjal. Seperti yang telah ditunjukkan bahwa dalam urine mengandung zat-zat seperti garam, zat urea dan mineral lain, yang apabila tidak segera dikeluarkan dapat mengendap dan menggumpal. Urin ini akan membentuk kristal dan menumpuk dalam ginjal. Dengan menumpuknya kotoran yang berasal dari urin yang seharusnya dikeluarkan, maka ginjal akan mengalami kerusakan apabila menampung urin terlalu lama. Hal ini biasa disebut dengan istilah gagal ginjal. Saat menderita gagal ginjal maka tidak banyak yang bisa anda lakukan selain pembedahan bahkan bisa dengan perawatan cuci darah.

Nah inilah fakta yang terjadi jika kalian menahan kencing terlalu lama. Jadi hindarilah kebiasaan menahan kencing anda, sebab dengan mengeluarkan urine dengan segera akan lebih sehat, terlebih lagi anda tidak perlu membayar untuk kencing bukan?
Berbagi Aspirasi : Anda ingin berbagi aspirasi tentang permasalahan sekitar? Ingin memberi inspirasi? Kirim aspirasi anda melalui tulisan disertai foto ke email : aspirasirakyat77@gmail.com atau hubungi kontak kami, Mulailah bersuara bersama AspirasiRakyat.com, peka realita menuju perubahan.
Bagaimana Tanggapan Kamu?